#YOLO, Ya owloh…!! Ampunilah Segala Dosa Kami..

Okay, baru aja tepatnya dua hari kemarin gue ngehadirin acara pemakaman teman gue yang meninggal dunia karena mengidap penyakit langka yakni Anemia Aplastik.

Anemia Aplastik? Ya, mungkin sebelumnya diantara kalian sudah ada yang pernah dengar nama penyakit langka tersebut. Penyakit ini kemunculannya tidak terprediksi atau datang secara tiba-tiba dan biasanya disebabkan karena adanya gangguan kehamilan. Atau kalau mau tahu lebih jauh lagi, secara garis besar Anemia Aplastik itu sendiri adalah kondisi dimana sumsum tulang tubuh seseorang sudah tidak lagi memproduksi sel-sel darah baru, baik itu sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit) dan trombosit. Pada umumnya penyakit ini kerap membuat penderitanya merasa kelelahan, sulit beraktifitas, dan memaksa untuk bulak-balik rumah sakit melakukan transfusi darah berulang kali.

Namanya adalah Ayu, Setelah hampir kurang lebih 12 bulan berjuang melawan penyakit langka tersebut, Ayu, yang kondisi badannya mulai menggemuk akibat banyak berbaring pun akhirnya tutup usia selepas ia harus merelakan kepergian anaknya lebih dulu, baby Hiro–lima hari setelah dikeluarkan dalam masa kandungan tujuh bulan.

Sejatinya, kita nggak pernah tahu kapan penyakit itu bakal datang. Begitu pula dengan kematian.

Ayu yang semasa hidupnya tidak pernah lupa untuk melakukan ibadah sholat adalah termasuk teman yang kami kenal sangat ceria, baik, bersahabat, juga murah senyum. Kepergiannya seakan telah mengingatkan kita kembali akan arti pentingnya menjalani kehidupan. Yaitu, jalani kehidupan dengan berbuat kebaikan sebanyak mungkin sebagai amal dan bekal untuk kita apabila sudah tidak hidup di dunia ini lagi nanti.

Mungkin ini yang sering kita dengar dari para pemuka agama bilang dengan sebutan amal saleh. Karena senyum saja sudah merupakan sebagian dari ibadah. Begitu juga persis seperti apa yang sering dilakukan oleh Ayu, senyum. Ya, senyum yang mampu membawa kebahagiaan dan kehangatan bagi reseptor atau siapapun yang menerimanya.

 “aku pengen sembuh biar bisa puasa dan sholat Ied,”

Itulah kata-kata terakhir Ayu yang disampaikan kepada Willy suaminya, sewaktu almarhumah masih menjalani proses penyembuhan.

Perjalanan hidup Ayu cukup mengajak gue sebagai teman yang masih hidup untuk berkaca. Sejauhmana kita berbuat baik dan menjalankan kewajiban beribadah. Karena persepsi gue, dilihat dari kata-kata terakhir Ayu yang disampaikan ke suaminya… Sepertinya Ayu terlihat merasa sedih dan tidak mau jika meninggalkan kewajiban ibadah sekalipun  dirinya lagi berada dalam keadaan sakit.

Lalu, bagaimana dengan kita, kebaikan apakah yang sudah kita lakukan hari ini? Okay, sekali lagi, berlomba dalam melakukan kebaikan pun adalah salah satu hal yang sering banget dikemukakan oleh para pemuka agama. Gue akuin, gue sendiri bukan ahli atau orang yang taat sama agama. Dan… Seperti kalian tahu bahwa setiap manusia nggak pernah bisa luput dari dosa. Tapi setidaknya, ada baiknya kita meminimalisir dosa kita dengan berbagi senyuman dan mencoba perbaiki diri dengan memperbanyak ibadah, sebelum kita mati.

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

“….Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.” (Q.S Ali Imran: 185)

Kisah perjalanan hidup Ayu hanyalah sebagian kecil dari banyaknya refleksi kehidupan lain yang sangat menyentuh. Semoga amal ibadah Ayu diterima Allah SWT, diampuni segala dosanya, dan ditempatkan kedalam surga-Nya. Amiin..

Salam #YOLO!

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s